resources.infolinks.com

resources.infolinks.com resources.infolinks.com

Wednesday, October 28, 2015

Cara Membuat Game Bomberman Dengan Game Maker - Bomberman adalah game mazeyang mengharuskan seorang player mencari sebuah pintu untuk bisa pindah ke level atau room selanjutnya dengan cara mencarinya di atara tembok - tembok, tembok tersebut dapat di hancurkan dengan menggunakan bom yang dimiliki si player bomberman dan juga terdapat pula musuh yang menghalangi player untuk mencari pintu.

Mungkin jika anda memliki Playstasion 1 anda pernah memainkannya. nah, pada kali ini kita akan membuat game bomberman tersebut dengan menggunakan game maker.

Sprites

Sekarang untuk persiapan awal unduh terlebih dahulu gambar yang nantinya akan anda gunakan untuk membuat sprites di sini : DownloadDownload

1. Player     

Untuk objek player kita nantinya kita akan membuat 4 ( empat ) buah sprites yang berbeda seperti gambar di atas. buatlah sprites dengan cara Klik Resources > Create Sprite

Buatlah  4 sprites dengan nama :

- D_down
- D_up
- D_left

Ubah semua originnya menjadi : Center

2. Tembok

Untuk dinding - dinding dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
     


Dengan nama :

- obstacle
- wall

3. Bomb

Untuk bomb dan ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
   






Buatlah  2 sprites dengan nama :

- spr_bomb
- spr_explode_1

Ubah semua originnya menjadi : Center

4. Musuh

Terakhir untuk musuhnya buatlah sprites seperti gambar di bawah.

   

Berinama beast_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.

Objects

Sekarang kita akan membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan cara Klik Resources > Create Object

1. obj_effect_1    


Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
fire_up=1
alarm[0]=15

Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


?
1
instance_destroy()

2. obj_wall    



Berinama obj_wall pilih sprite : wall  kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.

Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK

3. obj_obstacle     


Berinama obj_obstacle pilih sprite : obstacle  kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.




4. Bomber_armor                                                                                                                                                                         



Buat sebuah object dengan nama Bomber_armor dengan sprite : D_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :

Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
5
6
global.hp=100
bomb=1
bom = 1;
image_speed=0
global.fire_up=1
bomb_out=1

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
if keyboard_check(vk_up){
    y-=3
    sprite_index=D_up
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_up,0,x,y)
    direction=90
}
if keyboard_check(vk_down){
    y+=3
    sprite_index=D_down
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_down,0,x,y)
    direction=270
}
if keyboard_check(vk_left){
    x-=3
    sprite_index=D_left
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_left,0,x,y)
    direction=180
}
if keyboard_check(vk_right){
    x+=3
    sprite_index=D_right
    image_speed = 0.4
    draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y)
    direction=0
}
if bomb_out=1{
}
if bomb_out+1{
    repeat(bomb)
    {
        if bomb_out>1 {
            instance_count.bomb+=1
        }
    }
}

Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
if x <= 0 x = 0
if x >= room_width x = room_width
if y <= 0 y = 0
if y >= room_height y = room_height

Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
if keyboard_check(vk_nokey)
{
image_speed=0
}

Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
if bom > 0 {
instance_create(x,y,obj_bomb)
bom -= 1
}

5. obj_bomb      


Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
image_speed=0.3
alarm[0]=30

Klik Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
bom += 1.5

Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
if global.fire_up=1
{
instance_create(x,y,obj_effect_1)
instance_destroy()
}
else if global.fire_up=2
{
instance_create(x,y,obj_effect_2)
instance_destroy()

}

6. obj_beast_a     


Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
move=floor(random(5))
image_speed=0.3

Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
alarm[0]+=1
if alarm[0]>=20{
    move=floor(random(4))
    alarm[0]=0
}
if move=0{
   image_speed=0.3
   image_angle=270
    y+=2
    
}
if move=1{
    image_speed=0.3
    image_angle=90
    y-=2
     
}
if move=2{
    image_speed=0.3
    image_angle=180
    x-=2
     
}
if move=3{
    image_speed=0.3
    image_angle=0
    x+=2
    
}
if move=4{
x=x
y=y
image_speed=0
}
     
if move=5{
x=x
y=y
image_speed=0
}

Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut


?
1
2
3
4
if x <= 0 x = 0
if x >= room_width x = room_width
if y <= 0 y = 0
if y >= room_height y = room_height

Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK

Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK



Room     


Buatlah sebuah room dengan cara klik Resources > Create Room. berinama room0kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26

Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.



No comments:

Post a Comment