Cara Membuat Game Bomberman Dengan Game Maker
Cara Membuat Game Bomberman Dengan Game Maker - Bomberman adalah game mazeyang mengharuskan seorang player mencari sebuah pintu untuk bisa pindah ke level atau room selanjutnya dengan cara mencarinya di atara tembok - tembok, tembok tersebut dapat di hancurkan dengan menggunakan bom yang dimiliki si player bomberman dan juga terdapat pula musuh yang menghalangi player untuk mencari pintu.
Mungkin jika anda memliki Playstasion 1 anda pernah memainkannya. nah, pada kali ini kita akan membuat game bomberman tersebut dengan menggunakan game maker.
Sprites
Sekarang untuk persiapan awal unduh terlebih dahulu gambar yang nantinya akan anda gunakan untuk membuat sprites di sini : DownloadDownload
Untuk objek player kita nantinya kita akan membuat 4 ( empat ) buah sprites yang berbeda seperti gambar di atas. buatlah sprites dengan cara Klik Resources > Create Sprite
Buatlah 4 sprites dengan nama :
Buatlah 4 sprites dengan nama :
- D_down
- D_up
- D_left
- D_up
- D_left
Ubah semua originnya menjadi : Center
2. Tembok
Untuk dinding - dinding dalam game buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
Dengan nama :
- obstacle
- wall
Dengan nama :
- obstacle
- wall
3. Bomb
Untuk bomb dan ledakannya buatlah dua buah sprites seperti gambar berikut :
Buatlah 2 sprites dengan nama :
- spr_bomb
- spr_bomb
- spr_explode_1
Ubah semua originnya menjadi : Center
4. Musuh
Berinama beast_1 kemudian atur Originnya menjadi : center.
Objects
Sekarang kita akan membuat objek yang akan ada dalam game bomberman kita. buatlah object dengan cara Klik Resources > Create Object
2. obj_wall
3. obj_obstacle
4. Bomber_armor
1. obj_effect_1
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| fire_up=1 alarm[0]=15 |
Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
| instance_destroy() |
2. obj_wall
Berinama obj_wall pilih sprite : wall kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
3. obj_obstacle
Berinama obj_obstacle pilih sprite : obstacle kemudian Centang pada bagian Visible dan Solid.
Buat sebuah object dengan nama Bomber_armor dengan sprite : D_Right.
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
Kemudian tambahkan event berikut :
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
| global .hp=100 bomb=1 bom = 1; image_speed=0 global .fire_up=1 bomb_out=1 |
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
| if keyboard_check(vk_up){ y-=3 sprite_index=D_up image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_up,0,x,y) direction=90 } if keyboard_check(vk_down){ y+=3 sprite_index=D_down image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_down,0,x,y) direction=270 } if keyboard_check(vk_left){ x-=3 sprite_index=D_left image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_left,0,x,y) direction=180 } if keyboard_check(vk_right){ x+=3 sprite_index=D_right image_speed = 0.4 draw_sprite_tiled(D_right,0,x,y) direction=0 } if bomb_out=1{ } if bomb_out+1{ repeat(bomb) { if bomb_out>1 { instance_count.bomb+=1 } } } |
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
| if x <= 0 x = 0 if x >= room_width x = room_width if y <= 0 y = 0 if y >= room_height y = room_height |
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Keyboard > no key > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
| if keyboard_check(vk_nokey) { image_speed=0 } |
Klik Add Event > Key press > space > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
| if bom > 0 { instance_create(x,y,obj_bomb) bom -= 1 } |
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| image_speed=0.3 alarm[0]=30 |
Klik Add Event > Destroy > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
| bom += 1.5 |
Klik Add Event > Alarm > Alarm 0 > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
| if global .fire_up=1 { instance_create(x,y,obj_effect_1) instance_destroy() } else if global .fire_up=2 { instance_create(x,y,obj_effect_2) instance_destroy() } |
6. obj_beast_a
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
| move= floor (random(5)) image_speed=0.3 |
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
| alarm[0]+=1 if alarm[0]>=20{ move= floor (random(4)) alarm[0]=0 } if move=0{ image_speed=0.3 image_angle=270 y+=2 } if move=1{ image_speed=0.3 image_angle=90 y-=2 } if move=2{ image_speed=0.3 image_angle=180 x-=2 } if move=3{ image_speed=0.3 image_angle=0 x+=2 } if move=4{ x=x y=y image_speed=0 } if move=5{ x=x y=y image_speed=0 } |
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Isi dengan script berikut
1
2
3
4
| if x <= 0 x = 0 if x >= room_width x = room_width if y <= 0 y = 0 if y >= room_height y = room_height |
Klik Add Event > Collison > obj_obstacle > Pada tab kanan pilih Move > Step Towards > OK
Klik Add Event > Collison > obj_effect_1 > Pada tab kanan pilih main 1 > Destroy Instance > OK
Room
Buatlah sebuah room dengan cara klik Resources > Create Room. berinama room0kemudian atur SnapX = 26 dan SnapY = 26
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara tekan F5 atau klik Run > Run Normaly.
Tekan D untuk bom.
No comments:
Post a Comment